Isnar Sumartono, S.Kom., M.Kom.
|
||||
Dedi Manda Kesuma, S.Kom
|
Bambang Abdullah, S.Kom
|
|||
Fery Anugerah, S.Kom
|
Muhammad Zen, S.T., M.Kom.
|
Chayrul Arifin, S.Kom
|
Taufik, S.SOS
|
Aldi Alvin
|
Data Center berdiri pada tahun 2005 tepatnya september atas prakarsa dari Abangda Muhammad Saleh, dengan personil awal: M.Saleh sebagai kepala Data Center dengan anggota Haryanto, Isnar Sumartono, Ismul Azhari dan Taufik.
Adapun tujuan awal berdirinya Data Center adalah untuk mengkoneksikan seluruh komputer yang ada di seluruh lingkungan kampus Panca Budi menjadi sebuah kesatuan jaringan yang besar diawali dengan penggunaan kabel supreme untuk tahap awalnya. Seiring dengan perkembangan jumlah user yang semakin banyak dan kebutuhan akan kecepatan transfer data yang semakin tinggi maka pada tahun 2007 di mulailah peralihan jaringan menggunakan kabel STP antar gedung, menggunakan Mikrotik PC sebagai router dan menggunakan empat line speedy dengan kecepatan masing-masing line maksimal 384 kbps sebagai gateway.
Sejalan dalam perkembangannya Data Center terus melakukan pengembangan dalam bidang IT sesuai dengan kebutuhan kampus tidak hanya dalam hal jaringan komputer juga dengan adanya pembuatan sistem informasi yang memudahkan manajemen dalam pengelolaan kampus.
Pada bulan Maret 2012 ketika Data Center resmi dibawah naungan UNPAB nama unit Data Center berganti menjadi Biro Pengembangan Sistem Informasi atau BPSI, unit BPSI terus melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas layanan baik dari sisi hardware maupun software hingga pada saat ini BPSI atau Data Center memiliki kemandirian dalam hal hosting server, management bandwidth dan sistem informasi universitas yang terintegrasi, menggunakan ISP kelas corporate.
Hingga kini unit BPSI atau Data Center terus berkomitmen melakukan peningkatan dan pemenuhan kebutuhan universitas dalam bidang IT untuk mencapai WCU (World Class University) pada tahun 2033.
Menjadi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi trtintegrasi berstandart Internasional yang mampu memberikan pelayanan prima pada tahun 2025.
- Memfasilitasi pengelolahan manajem univeristas secara terpadu berbasis IT
- Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintahan atau swasta dalam upaya peningkatan kualitas di bidang TI dan komunikasi
- Membangun paradigma berfikir berbasis IT (IT Base Minded Development)
- Membangun sarana dan prasana Teknologi Informasi dan Komunikasi berstandart Internasional
- Tersedianya SI yang mudah di akses, mudah di pahami (User Friendly), efektif dan efisien untuk keperluan manajemen, proses pembelajaran dan penelitian.
- Terjalinnya kerjasama dengan instansi-instansi di luar ruang lingkup UNPAB dalam bidang IT & Komunikasi untuk peningkatan kualitas IT & Komunikasi
- Tersedianya tenaga prfofesional di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Terciptanya brand images universitas sebagai universitas yang terkemuka